Home / KOMODITAS PERDAGANGAN / KOMODITAS LAINNYA / 4 Proposal Replanting Sudah di Verifikasi

4 Proposal Replanting Sudah di Verifikasi

BPDP (Badan Pengelola Dana Perkebunan) Kelapa Sawit sudah terima 52 proposal pembiayaan aktivitas peremajaan (replanting) tempat petani.

Dono Boestomi, Direktur Utama BPDP-Kelapa Sawit menyatakan aktivitas replanting selekasnya dikerjakan karena saat tanam sawit idealnya usai bulan September.

“Saat ini kami sudah terima 52 proposal, dari jumlah tersebut empat proposal lolos verifikasi, ” tuturnya.

Rusman Heriawan Kepala Dewan Pengawas BPDP memberikan proses replanting kelapa sawit diinginkan terealisasi triwulan ke-2 kurang lebih Mei 2017.

“Mudah-mudahan bisa dikerjakan pada 2017. Ini bakal jadi batu loncatan untuk 2018. Kami bakal kawal agar tambah baik, ”jelas Rusman.

Dari evaluasi BPDP-KS program peremajaan tak hanya membagi-bagikan bibit. Menurut Dono, program ini akan tidak menanggung perkebunan sawit lokal. Hasil dari evaluasi diimplementasikan pada pedoman tehnis peremajaan sawit yang disusun Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian. Wewenang anggaran jadi ranah Kementerian Keuangan.

Dono menambahkan ada 14 persyaratan agar program replanting pas sasaran. Persyaratan itu diantaranya usia kebun minimum 25 tahun, produksi dibawah 10 ton per hektare, kepemilikan sertifikat, serta penerapan lSPO.

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor komoditi.co.id, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*