Home / Kopi / Biji Kopi Masih Andalan Komoditas Ekspor Indonesia

Biji Kopi Masih Andalan Komoditas Ekspor Indonesia

Tidak usah di ragukan lagi kualitas kopi indonesia, beragam jenis kopi indonesia saat ini sudah banyak yang mendunia. Tak sedikit juga kopi indonesia yang sudah memiliki pasar internasional. namun saat ini yang menjadi prioritas adalah ekspor kopi mentahan indonesia. saat ini pemerintah akan mencoba mengembangkan ekspor kopi olahan indonesia. perlu di ketahui, eksportir kopi dan pasar kopi dunia lebih gemar mengekspor kopi dalam bentuk biji kopi bukan kopi olahan. Sehingga biji kopi indonesia memang yang paling unggul dalam ekspor. pada tahun 2015 lalu, total produksi kopi Indonesia mencapai 600.000 ton dan sekitar 400.000 ton (66%) di antaranya diekspor.

Saat ini eksportir kopi indonesia masih mengandalkan biji kopi yang menjadi prioritas ekspor, sementara kopi olahan masih kurang di minati. Pasar kopi dunia lebih mudah menerima biji kopi mentah di bandingkan dengan kopi olahan, hal tersebut karena kopi olahan di setiap negara berbeda sehingga negera tersebut belum tentu cocok dengan kopi olahan indonesia.

Meningkatnya jumlah ekspor kopi indonesia pada tahun ini karena, brazil sebagai peng eskpor kopi terbesar sedang mengalami gagal panen, sehingga kopi mentah indonesia yang kini sedang di incar. Saat ini pemerintah semakin gencar untuk meningkatkan produksi kopi agar ekspor biji kopi akan mengalami peningkatan. Selain itu kopi asal Indonesia memiliki penggemar yang luas hampir dari seluruh negara di dunia.

Hasil pencarian terkait:

  • harga kopi dunia (21)

About Usman Simanjuntak

Usman Simanjuntak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*