Home / KOMODITAS PERDAGANGAN / KOMODITAS LAINNYA / BPDP-KS Pantau Dana Abadi Sawit dari Kuartal IV 2017

BPDP-KS Pantau Dana Abadi Sawit dari Kuartal IV 2017

Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit mempersiapkan program dana abadi (endowment fund) sawit. Maksud program ini membuat pendanaan berkelanjutan serta tidak tergantung pada APBN(Anggaran Pendapatan Belanja Negara).

Dono Boestami Direktur Utama BPDP-KS menyampaikan dana abadi bakal mensupport semua pendanaan dapat dipenuhi secara mandiri. Sekarang ini mekanisme dana abadi masih tetap dikaji lebih lanjut.

“Kalau dapat, dana sawit tak perlu lagi menganggu APBN. Lama investasinya, mungkin saja kurang lebih 25 tahun, jadi di tahun 2042, dana abadi sawit telah terwujud, ” kata Dono dalam workshop media “Peran BPDP Sawit pada Perkembangan Sawit Indonesia di Pangkalpinang, Propinsi Bangka Belitung.

Menurut dia dana abadi didapat dari kelebihan pungutan CPO dengan CPO Fund yang dapat dialokasikan untuk investasi kurang lebih Rp 2 triliun – Rp 4 triliun. Untuk mewujudkan program itu, pihaknya sudah menemui sebagian manajer investasi dalam ataupun luar negeri untuk membantu mempersiapkan kebijakan investasi ini.

“Tahap awal tidaklah terlalu agresif, kita lebih memprioritaskan segi ketersediaan dana serta keberlanjutan dibanding memperoleh keuntungan sebesar-besarnya. Itu pesan dari Komite Pengarah yang tengah kita sediakan pada tiga tahun pertama. Investasinya saat dekat kita telah kemukakan ke Menteri Keuangan dan kebijakan tengah menanti pengarahan, ” terang dia.

Skema investasi nanti berupa deposito yang bakal memakai instrumen dalam negeri serta pendanaan rupiah secara penuh. Bila diinvestasikan ke luar negeri, pihaknya berniat pilih deposito untuk hindari kemungkinan fluktuatif nilai tukar.

 

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor komoditi.co.id, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*