Home / BAHAN BAKAR / China Menghentikan Perdagangan Batubara Dengan Korut

China Menghentikan Perdagangan Batubara Dengan Korut

Perjanjian pada Presiden Amerika Serikat Donald Trump dengan  Xi Jinping, untuk menekan ambisi nuklir Korea Utara kelihatannya mulai terlihat. Melansir dari Reuters, Selasa 11/4/2017, China memerintahkan kapal kargo Korea Utara yang membawa batubara untuk kembali pada negaranya sesudah pernah masuk pelabuhan Nampo.

Kecaman internasional dengan tes rudal yang berulangkali dikerjakan Korea Utara, bikin China hentikan semuanya impor batubara dari Negeri Kim Jong-un. Bahkan juga Departemen Bea Cukai China telah keluarkan perintah resmi pada 7 April lantas, supaya kembalikan kargo batubara Korea Utara.

Penerbitan perintah resmi tersebut seiring dengan pertemuan Xi dengan Trump di resor Mar-a-Lago pada Palm Beach, Florida. Tetapi pihak yang berwenang China menampik untuk menyikapi spekulasi itu.

Terkecuali hentikan perdagangan batubara dengan Korea Utara, China serta Korea Selatan pada Senin lalu setuju menjatuhkan sanksi lebih keras pada Korut apabila lakukan tes rudal lagi.

Kembali pada soal usaha batubara, satu sumber di Dandong Chengtai membisikkan kalau China adalah konsumen paling besar batubara Korea Utara. Data Eikon memperlihatkan kalau dikarenakan larangan itu, sejumlah 600. 000 ton batubara Korea Utara masih  tertahan di China serta 2 juta ton terdampar di pelabuhan China.

Korea Utara memang di kenal penyuplai utama batubara ke China, terlebih dari type yang dipakai untuk pembuatan baja, yang di kenal sebagai batubara kokas. Terkecuali Korut, penyuplai batubara yang lain untuk China yaitu Australia serta Rusia.

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor komoditi.co.id, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*