Home / KOMODITAS PERDAGANGAN / Curah Hujan yang Tinggi, Harga Sayur Terus Mengalami Peningkatan

Curah Hujan yang Tinggi, Harga Sayur Terus Mengalami Peningkatan

Curah hujan yang cukup tinggi di beberapa minggu ini, berakibat terhadap peningkatan harga pangan, salah satunya ialah sayuran. Peningkatan terjadi di sayuran seperti harga kentang dan tomat.

Dari pantauan yang dilakukan oleh Liputan6.com di pasar Mampang, Jaksel (Jakarta Selatan), harga tomat saat ini dijual dengan harga Rp. 10.000 / kg, menignkat Rp. 2.000 jika dibandingkan dengan sebelumnya. Sementara harga dari kentang mengalami kenaikan Rp. 1.000 jadi Rp. 17.000 / kg.

“Jika musimnya terus seperti ini, harga naik turun itu adalah hal yang biasa, tinggal bagaimana kita dapat menanggapi hal itu. Tetapi ya jangan sampai mengalami kenaikan, terus tidak dapat kembali turun.”ungkap Maryani (48 tahun), selaku penjual sayuran di Pasar Mampang, Senin, 13 Maret 2017.

Sedangkan bahan pangan yang lain memperlihatkan harga yang cukup stabil. Meskipun beberapa diantaranya masih ada pada level tinggi, seperti halnya cabai serta bawang merah.

Cabai merah keriting dibanderol dengan harga Rp. 40.000 / kg, cabai rawit hijau Rp. 70.000 / kg, serta cabai rawit merah masih ada di level Rp. 100.000 / kg.

Untuk yang berjenis bawang, bawang putih saat ini memiliki harga Rp. 40.000 / kg. Sementara bawang merah seandainya dibandingkan 1 hari lalu tetap stabil di level Rp. 40.000 / kg.

“Bawang merah ini jika dibandingkan dengan sebelumnya, harganya tetap tidak berubah, akan tetapi jika minggu lalu mengalami penurunan. Minggu lalu tersebut Rp. 45.000 / kg.”ungkap salah satu pedagang sayuran yakni Rodiya (42 tahun).

 

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor komoditi.co.id, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*