Home / KOMODITAS PERDAGANGAN / Daerah Ekspor Kelapa ke Thailand

Daerah Ekspor Kelapa ke Thailand

Gubernur Sulawesi Tengah diwakili Asisten Perekonomian serta Pembangunan Bunga Elim Somba yang melepas ekspor langsung ke Thailand berbentuk kelapa segar tanpa ada sabut sebanyak 1. 200 ton, di Pelabuhan Pantoloan Palu, Minggu.

Ekspor yang dikerjakan PT Alam Jaya Prima bekerja sama juga dengan PT Nusantara Terminal Service, anak perusahaan PT Pelindo IV itu adalah yang kedua kalinya sesudah ekspor perdana pada 16 Maret 2017 sejumlah 160 ton.

Kapal yang membawa puluhan unit container berkapasitas 95 theus diisi kelapa berbalut batok/tempurung itu bakal berlayar langsung ke pelabuhan di Bangkok, Thailand yang akan transit Pelabuhan Makassar.

Gubenur Sulteng Longki Djanggola pada sambutan yang dibacakan Bunga Elim Somba menyambut dengan gembira proses ekspor langsung ini, hingga pendapatan dari devisa ekspor daerah tak akan terlalu tergantung pada hasil tambang minyak, gas serta besi.

Ia mengatakan, pada 2015 pendapatan devisa ekspor Sulteng meraih 503, 20 juta dolar Amerika Serikat, naik signifikan jadi 1. 470 dolar AS di 2016, serta periode Januari-Februari 2017 telah meraih 273 juta dolr AS.  Tetapi, katanya lagi, nilai ekspor tersebut beberapa besar yaitu sekitaran 97 % disumbangkan dari hasil mineral serta besi baja.

“Hal ini tak bisa dipertahankan kurun waktu yang lama karena tambang adalah komoditas yang memang baru. Karenanya, kami butuh mengembangkan komiditas yang berbasiskan unggulan daerah serta terbarukan seperti hasil-hasil pertanian serta perkebunan, ” katanya juga.

Hasil pencarian terkait:

  • ekspor kelapa ke thailand (3)
  • export kelapa ke t (1)

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor komoditi.co.id, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*