Home / Uncategorized / Dana penanaman kembali sawit Siap di berikan awal 2017

Dana penanaman kembali sawit Siap di berikan awal 2017

Walaupun penyerapan sepanjang tahun 2016 masih minim, Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Sawit Kementerian Keuangan (Kemkeu) telah memberikan anggaran dana Replanting untuk industri sawit pada tahun 2017 sekitar Rp 400 miliar. BPDP harus bisa untuk memastikan penerima dana etrsebut merupakan yang layak agar tidak salah sasaran.

Jumlah anggaran yang akan diberikan untuk tahun 2017 masih sama dengan anggaran pada tahun 2016 yaitu sebsar Rp 400 miliar, hingga bulan Oktober dana tersebut baru diserap 4% atau sekitar  Rp 16 miliar. Tahun 2017 anggaran yang diberikan menjadi Rp 794 miliar karena ditambah sisa dari tahun 2016. Kesulitan selama ini adalah mendeteksi petani yang benar-benar membutuhkan dan bukan pengusaha besar.

Dana Replanting adalah bantuan yang diberikan untuk petani kecil agar bisa melakukan Replanting atau penanaman kembali kebun sawit yang sudah berumur diatas 25 tahun. Pohon sawit yang sudah tua sangat bermasalah terhadap produktifitas. setiap 1 hektar lahan disalurkan bantuan Rp 25 juta sehingga dari Rp 16 miliar tersebut ada sekitar 640 hektar.

Saat ini masalah Legalitas lahan juga cukup memberikan kendala, oleh sebab itu akan ada komite yang akan memantau dan melakukan verivikasi atas kebenaran lahan aset petani yang mengajukan permohonan, komite ini diharapkan bisa rampung dalam waktu dekat ini.

 

Hasil pencarian terkait:

  • komoditi agribisnis (1)
  • komoditi ekspor kelapa sawit di indonesia ke manca negara (1)

About Usman Simanjuntak

Usman Simanjuntak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*