Home / LOGAM MULIA / Dolar AS Menguat, Harga Emas Dunia Terpuruk

Dolar AS Menguat, Harga Emas Dunia Terpuruk

Hampir selama 2 hari perdagangan komoditi berjangka, harga emas dunia semakin melemah di tengah gempuran menguatnya dolar As. Sejak awal pekan pembukaan perdagangan, harga emas berjangka dari Comex New York terus mengalami pelemahan. Selama 2 hari perdagangan emas Comex terlihat melemah saat penutupan perdagangan. Emas untuk periode pengiriman agustus harus anjlok sekitar US$ 3,9 atau 0,29 % dan berada pada level US$ 1.319,50 per ons troi. Anjlok nya harga emas dan komoditas dunia karena, investor pasar masih menunggu keputusan FOMC terkait kenaikan suku bunga acuan oleh The Fed.

Karena ada isu, the fed akan menaikan suku bunga acuan dari 0.50% menjadi 0.75%. sehingga ini memberikan dampak besar. pergerakan harga emas dunia memiliki pergerakan berlawanan dengan kurs dolar As. Saat dolar naik tentu emas akan anjlok karena emas yang diukur dengan dolar menjadi lebih mahal bagi investor.

Harga emas dunia, sudah mengalami penurunan sekitar 0.4% dari level tertinggi setelah 2 tahun pada  level 1.375,34. Investor masih akan terus memantau perkembangan isu kenaikan suku bunga acuan olhe the fed sehingga berdampak terhadap harga logam mulia. Selain itu penurunan emas juga di picu oleh reboun pasar saham yang lebih kuat sehingga mengurangi permintaan logam mulia oleh investor.

About Usman Simanjuntak

Usman Simanjuntak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*