Home / BAHAN BAKAR / Efek AS, Melonjaknya Harga Gas Alam Naik

Efek AS, Melonjaknya Harga Gas Alam Naik

Harga gas alam akan alami penambahan kurun waktu dekat bersamaan dengan proyeksi bertumbuhnya keinginan dari Amerika Serikat. Tetapi, pasar masihlah mesti waspada dengan aspek fundamental pada periode panjang.

Pada perdagangan Rabu 05/4/2017 jam 18 : 06 WIB, harga gas alam untuk kontrak Mei 2017 mengalami penurunan 0, 58% menuju US$3, 274 per MMBTU (Million British Thermal Unit). Pada perdagangan yang sebelumnya, harga melonjak 5, 27%. Selama tahun berjalan year to date/ytd, harga telah terkoreksi sejumlah 7, 62%. Pada 2016, harga gas alam tumbuh 33%.

Gene McGillian, manager of market research at Tradition Energy di Stamford, mengemukakan naiknya harga gas alam beberapa waktu terakhir dipicu oleh proyeksi kenaikan keinginan dari AS.

Perusahaan pembangkit tenaga listrik Cheniere Energy Inc., bakal mengawali operasi komersial Lousiana, hingga memerlukan banyak bahan bakar gas alam. Cheniere telah bikin mengajukan pada pemerintah pada Selasa (4/4). Sesaat Dominion Resources Inc., juga memohon izin regulator untuk menjalankan dua boiler perusahaan di Cove Point serta Maryland.

Meski belum jelas berapakah jumlah penyerapan gas alam yang dari Cheniere serta Dominion, pasar telah berlaku optimis pada prospek harga. Pasalnya, tingkat supply juga belum alami penambahan.

” Pasar bakal lihat sumber-sumber keinginan baru. Dengan produksi lebih rendah, nampaknya supply makin ketat pada musim panas ini, ” katanya seperti diambil dari Bloomberg, Rabu (5/4/2017).

Terlebih dulu, harga memang alami pelemahan mendekati berakhirnya musim dingin lantaran proyeksi keinginan menyusut. Di segi lain, pasar cukup tergantung pada hubungan dagang pada AS serta Meksiko.

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor komoditi.co.id, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*