Home / KOMODITAS PERDAGANGAN / Efek Pelemahan Yen, Harga Karet Rebound

Efek Pelemahan Yen, Harga Karet Rebound

Harga karet sukses membukukan rebound pada akhir perdagangan hari ini Senin, 10/4/2017, bersamaan selalu melemahnya kemampuan mata uang yen.

Harga karet untuk pengiriman September 2017, kontrak teraktif di Tokyo Commodity Exchange (Tocom), ditutup rebound 0, 63% di 1, 50 poin ke level 239, 40 yen per kg.  Disamping itu, nilai tukar yen siang ini melemah 0, 17% di 0, 19 poin ke level 111, 29 per dolar AS pukul 14. 09 WIB, sesudah akhir pekan lalu melemah 0, 26% di level 111, 10.

Nilai tukar yen sudah mengalami pelemahan untuk perdagangan hari ketiga berturut-turut pada dolar AS, di waktu daya tarik aset berisiko kembali tumbuh bersamaan meredanya akibat serangan rudal AS ke Suriah akhir minggu lalu.

Pelemahan nilai tukar yen Jepang pada dolar AS bikin harga komoditas yang diperdagangkan dalam mata uang ini jadi relatif lebih terjangkau untuk beberapa konsumen luar negeri. Efeknya, permintaan bakal komoditas ini punya potensi bertambah. Sebelumnya berakhir dengan rebound, harga karet kontrak bulan September hari ini pernah melanjutkan pelemahannya ke posisi 237, 10, bersamaan naiknya jumlah stock di China.

“Kenaikan jumlah stock di China menyebabkan kekhawatiran kalau permintaan karet pada pengguna akhir bisa alami penurunan, ” tutur Kazuhiko Saito, seseorang analis di Fujitomi, seperti diambil dari Bloomberg.

Jumlah stock karet yang dimonitor oleh Shanghai Futures Exchange naik jadi 337. 611 ton pekan lalu, level paling tinggi mulai sejak November.

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor komoditi.co.id, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*