Home / KOMODITAS PERDAGANGAN / Ekspor Yogyakarta ke ASEAN Meningkat

Ekspor Yogyakarta ke ASEAN Meningkat

Angka Ekspor Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ke ASEAN dalam dua bulan pertama tahun 2017 ini alami perbaikan. Di mana nilai ekspor ke ASEAN sepanjang Februari 2017 meningkat tajam di banding bulan sebelumnya. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kenaikan 87, 67% dari bulan  Januari ke Februari.

Kepala BPS DIY, JB Priyono menyampaikan, nilai ekspor barang DIY ke ASEAN sepanjang bulan Februari 2017 meraih USD 1, 3 juta. Nilai itu naik 87, 67% di banding dengan nilai ekspor bulan Januari.

Tiga negara paling utama tujuan ekspor di lokasi ASEAN yaitu Singapura sebesar 58, 71%, Vietnam 13, 48% serta Malaysia 13, 19%. ” Ekspor ke ASEAN memanglah masih kecil, ” katanya di Yogyakarta, Jumat 7/4/2017.

Tingkat ekspor DIY di ASEAN yang tertinggi yaitu menuju Singapura. Pihaknya mencatat, ekspor menuju Singapura naik cukup penting dari USD419. 097 di bulan Januari meningkat jadi USD788. 499 di bulan Februari. Sesaat untuk negara lain di ASEAN total ekspor DIY masih sangat kecil.

Sementara secara keseluruhan, untuk nilai ekspor DIY sepanjang dua bulan pertama 2017 yang kemarinmeraih USD61, 82 juta. Angka itu sudah mengalami kenaikan sebesar 16, 53% di banding dengan periode yang sama tahun kemarin naik sebesar USD 53, 05 juta. ” Penurunan plastik serta barang dari plastik masih tetap dapat dicover penambahan sembilan komoditas, ” katanya

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor komoditi.co.id, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*