Home / LOGAM MULIA / EMAS / Emas Berada Pada Level Paling Tinggi Akibat Gejolak Politik

Emas Berada Pada Level Paling Tinggi Akibat Gejolak Politik

Permintaan emas rebound pada level paling tinggi dalam kurun waktu 3 tahun di tahun 2016, ketika muncul kekhawatiran para investor terkait kabar politik global termasuk Brexit menjadi pemicu pada aset safe heaven.

Berdasar data dari laporan WGC (World Gold Council) seperti yang telah dilansir oleh Bloomberg,3 Februari 2017, pembelian lewat reksa dana yang diperjual-belikan pada bursa efek ETF (Exchange traded funds) membantu permintaan secara global mengalami kenaikan sebesar 2% ke 4.309 metrik ton sepanjang tahun lalu.

Sedangkan harga emas mencatat peningkatan paling besar dalam kurun waktu 5 tahun di tahun 2016 lalu usai bank sentral Amerika Serikat Federal Reserve menunda untuk meningkatkan suku bunga serta Inggris membuat keputusan untuk pergi dari Uni Eropa.

Logam mulai itu telah membukukan lebih banyak peningkatan pada tahun ini di tengah terdapat rasa bingung sejumlah investor terhadap kebijakan dari Presiden Amerika Serikat, Donald Trump dan meningkatnya rasa cemas pada pergolakan politik yang terjadi di Eropa.

“Politik di Eropa memberikan hasil yang belum pasti. Isu geopolitik telah memberikan dorongan aliran masuk secara terus menerus ke pada emas ETF sepanjang tahun ini.”ungkap Alistair Hewitt selaku Head of Market Intelligence WGC.

Dari laporan itu, permintaan terkait emas yang ada di ETF serta produk semacamnya menyentuh angka 532 ton di tahun lalu, level paling tinggi nomor 2 sepanjang sejarah

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor komoditi.co.id, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*