Home / LOGAM MULIA / EMAS / Emas Berjangka Berhasil Catat Kenaikan Kuartalan 8, 4%

Emas Berjangka Berhasil Catat Kenaikan Kuartalan 8, 4%

Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange mencatat kenaikan kuartalan kurang lebih 8, 4 % pada Jumat (Sabtu pagi WIB), menandai kuartal paling baik dalam setahun paling akhir.

Harga emas menguat akibat ketidakpastian atas gagasan pajak serta investasi Presiden AS Donald Trump, dan pemilu di Eropa yang menyebabkan permintaan untuk emas sebagai aset “safe haven”.

Emas berbalik naik (rebound) dari kerugian awal sesudah dolar AS berbalik datar, menyusul pernyataan bebrapa petinggi Federal Reserve yang terlihat “dovish” serta data membosankan mengenai ekonomi AS yang meredakan situasi optimis dari awal minggu ini.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Juni naik 3, 2 dolar AS, atau 0, 26 %, jadi menetap di 1. 251, 2 dolar AS per ounce.  Tren perdagangan untuk logam mulia berlangsung saat indeks dolar AS, ukuran greenback pada sekeranjang enam mata uang rival, diperdagangkan sedikit beralih untuk sesi Jumat (31/3), namun turun sekitaran 1, 8 % untuk kuartal pertama.

Komoditas-komoditas yang dihargakan dalam dolar AS seringkali diperdagangkan berbanding terbalik dengan dolar AS, hingga pergerakan dalam unit AS bisa memengaruhi daya tarik komoditas itu untuk pemegang mata uang yang lain.

Yang paling utama mengenai kenaikan untuk emas “pemilu Prancis yang semakin dekat, inflasi di paling tinggi lima tahun serta kekecewaan investor dengan Federal Reserve, ” kata Adrian Ash, kepala riset di BullionVault.

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor komoditi.co.id, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*