Home / LOGAM MULIA / EMAS / Emas Menjauh Dari Level 1.200, Akibat Tekanan Peningkatan Dolar AS

Emas Menjauh Dari Level 1.200, Akibat Tekanan Peningkatan Dolar AS

Harga emas Comex mengalami penurunan tajam lebih dari 1% di perdagangan Kamis, 19 Januari 2017, akibat tekanan oleh peningkatan dolar Amerika Serikat usai Janet Yellen, Gubernur Federal Reserve memberikan pernyataan jika dirinya mendukung kenaikan suku bunga Amerika Serikat dengan bertahap.

Harga emas Comex kontrak periode Februari 2017 menurun 13.50 poin atau 1,11% menuju US$ 1.198,60 / ounce di jam 15.06 WIB, usai diawali dengan penurunan 9 poin atau 0,74% pada US$ 1.203,10 / ounce.

Di saat yang bersamaan, indeks dolar Amerika Serikat yang menjadi alat ukur pergerakan kurs dolar Amerika Serikat pada beberapa mata uang utama meningkat 0,310 poin atau 0,31% menuju 101,240 usai diawali dengan peningkatan 0,440 atau 0,44% pada 101,370.

Pada pernyataan kemarin, Yellen mengungkapkan akan wajar untuk bank sentral Amerika Serikat itu untuk dengan bertahap meningkatkan suku bunga melihat keadaan ekonomi Amerika Serikat yang hampir menyentuh tujuan inflasi The Fed senilai 2%.

Harga konsumen Amerika Serikat meningkat di Bulan Desember sejalan dengan meningkatnya pengeluaran rumah tangga pada akomodasi dan bensi serta mengarah pada peningkatan YOY (Year on Year) paling besar dalam waktu 2 setengah tahun terakhir.

Data ekonomi Amerika Serikat yang tampak positif biasanya akan memberi dampak terhadap harga dari emas ketika para investor meningkatkan perkiraan peningkatan suku bunga Amerika sehingga bisa meningkatkan opportunity cost dari kepemilikan logam mulia yang tak berimbal dengan hasilnya.

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor komoditi.co.id, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*