Home / Uncategorized / Emas Menurun Dekati Uptrend Line

Emas Menurun Dekati Uptrend Line

emaschartEmas

Di sesi akhir pekan lalu harga emas gagal untuk menembus zona resistance 1694.80. Hal ini mengakibatkan terjadinya penurunan intraday. Seperti terlihat pada chart H4, harga emas (XAUUSD) semakin mendekati uptrend line jangka pendek yang pada saat penutupan sesi Jum’at berada di 1680.66.

Trend line ini adalah kunci trend naik jangka pendek. Jika trend line ini tetap bertahan maka harga emas memiliki peluang untuk rebound dengan target-target koreksi awal berada di 1686.55 dan 1689.75. Sebaliknya jika trend line ini berhasil ditembus (terjadi penutupan di bawahnya pada chart H4), maka harga emas berpotensi untuk lanjutkan penurunan dengan support-support terdekat di 1678.14 dan 1673.65.

 

Minyak Mentah

Harga minyak mentah tampak masih stabil untuk melanjutkan trend naik yang dimulai sejak pertengahan Desember 2012. Meskipun di sesi akhir pekan lalu harga minyak mentah bergerak sideways, seperti yang digambarkan oleh daily chart, harga emas tetap bergerak di atas moving average yang saat penutupan sesi Jum’at berada di 93.33.

Sehari sebelumnya di sesi Kamis harga emas telah menembus downtrend line jangka menengah yang pada akhir sesi Jum’at berada di 94.01. Hal ini menjadi indikasi peluang harga emas untuk naik lagi masih cukup tinggi. Jika terjadi pullback ke trend line tersebut, kemungkinan harga minyak mentah akan rebound kembali.

High sesi Kamis di 96.02 berpotensi menjadi jalan pembuka untuk menuju resistance lainnya di 97.35 dan 100.40.

About Usman Simanjuntak

Usman Simanjuntak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*