Home / BAHAN BAKAR / ESDM Terus Kawal Transisi Pengurusan Blok Mahakam

ESDM Terus Kawal Transisi Pengurusan Blok Mahakam

Menteri ESDM (Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral), Ignasius Jonan melaksanakan kunjungan kerja ke Blok Mahakam, Kaltim (Kalimantan Timur), untuk meninjau keberlangsungan operasi minyak serta gas bumi atau migas.

Wilayah Blok Mahakanm yang dia kunjungi adalah SPU (South Processing Unit) serta Lapangan Bekapai. Blok Mahakam adalah produsen gas paling besar di Indonesia yang juga dilengkapi dengan LNG (Liquified Natural gas), tidak hanya LNG Tangguh, serta LNG Donggi Senoro.

Kontribusi gas Blok Mahakam pada total produksi gas nasional kurang lebih 20%, disusul dengan Proyek Tangguh kurang lebih 17%. Blok yang diurus oleh Kontraktor Kontrak Kerja Sama atau KKKS TEPI (Total E&P Indonesia serta Inpex Corporation akan berkesudahan pada 31 Desember 2017 mendatang.

Sekarang ini Blok Mahakam pada tahap transisi pengelolaan dari kontraktor eksisting terhadap kontraktor yang baru yakni PT. Pertamina Hulu Mahakam atau PT. PHM. KKS (Kontrak Kerja Sama) Blok Mahakam sudah disepakatai antara PT PHM bersama SKK Migas pada tanggal 29 Desember 2015 serta akan berlaku lebih efektif di tanggal 1 Januari 2018 mendatang.

“Proses transisi untuk pengelolaan Blok Mahakam dari Inpex serta Total pada Pertamina, telah dipersiapkan dengan cukup matang sejak Tahun 2015. Jadi yang telah berjalan dengan baik supaya dilanjutkan. Produksi wajib terus dipertahankan serta operasi wajib berjalan dengan efisien. Oleh karena itu, biaya tidak boleh mengalami kenaikan serta hasil produksi tidak boleh mengalami penurunan.”ungkap Jonan.

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor komoditi.co.id, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*