Home / Industri / Harga Batubara Acuan Melemah Imbas Ketidakpastian China

Harga Batubara Acuan Melemah Imbas Ketidakpastian China

pada hari ini, harga batubara acuan terpantau mengalami pelemahan. Harga batubara anjlok hingga US$ 8,35 per ton sepanjang bulan ini. Melihat data dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM),harga batubara acuan pada Juni 2017 tercatat berada pada harga US$ 75,46 per ton atau turun 9,96% turun dibandingkan bulan sebelumnya yang mencapai US$ 83,81 per ton.

Walaupun demikian, secara rata rata harga batubara acuan pada tahun ini masih berada di angka US$ 80 per ton masih lebih tinggi dibandingkan rata rata harga batubara acuan pada 2016 senilai US$ 61,84 per ton.

Penurunan harga batubara yang cukup jauh itu karena dipengaruhi oleh kebijakan pemerintah China. Berdasarkan rilis data ekonomi yang dirilis, laporan tahunan PLTU di China dikabarkan merugi sehingga pemerintah China menerbitkan kebijakan menurunkan harga batubara domestik. Sehingga harga impor tertekan dan menekan harga batubara dunia.

Selain itu, penurunan harga komoditas tambang ini juga terjadi akibat pasokan batubara di dunia sudah berlebih. Banyak perusahaan yang menggenjot produksinya setelah mengalami kendala cuaca selama beberapa bulan terakhir

Dilain sisi, permintaan justru melemah seperti di China dan India. Karena timbul ketidakpastian kebijakan Pemerintah China mengenai pengendalian produksi dan demand di India juga agak melemah sebab produksi dalam negeri yang meluber

 

About Usman Simanjuntak

Usman Simanjuntak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*