Home / PERDAGANGAN / BURSA KOMODITAS / Harga Bawang Putih di Yogyakarta Hampir Naik Dua Kali Lipat
informasi harga bawang putih hari ini

Harga Bawang Putih di Yogyakarta Hampir Naik Dua Kali Lipat

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY mengatakan jika harga bawang putih di wilayah Yogya sudah menembus harga Rp 70 ribu perkg. Harga tersebut melesat jauh dari harga rata rata yang sudah ditetapkan pemerintah yaitu sebesar Rp 38 Ribu Perkg. Kenaikan harga tersebut, serentak terjadi hampir disetiap pasar yang ada di Yogyakarta.

Kepala Disperindag DIY, Budi Antono menjelaskan, harga yang kini terus bergerak naik, pemerintah harus bisa hadir untuk mengintervensi pasar. Nantinya, Diperindag akan menggandeng Bulog untuk melakukan operasi pasar agar bisa menekan harga bawang putih yang naik dan juga mengantisipasi kenaikan harga komoditas lainnya.”jelasnya”

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kenaikan harga bawang putih. Pemerintah sudah menekankan kalau harga bawang putih harus Rp 38 ribu perkg. Jika harga bawang sudah lebih dari yang ditentukan, maka pemerintah harus bisa hadir dan berkoordinasi dengan Bulog.

Harga Rp 38 ribu perkg bukan harga eceran tertinggi (HET). Untuk bawang putih tidak ada HET, HET hanya berlaku untuk gula, minyak, dan daging beku. Dan ini terkait lonjakan harga, Disperindag bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) DIY akan melakukan operasi pasar dan cek dilapangan.

About Usman Simanjuntak

Usman Simanjuntak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*