Home / Uncategorized / Harga Emas Naik Dipicu Peningkatan Ketegangan di Ukraina

Harga Emas Naik Dipicu Peningkatan Ketegangan di Ukraina

hargaemashariiniHarga emas meningkat pada perdagangan Selasa (4/3/2014) pagi ini, ke level tertinggi dalam empat bulan akibat meningkatnya ketegangan di Ukraina seiring keputusan Rusia mengirim pasukan ke negara tersebut.

Kenaikan harga terjadi karena pedagang sering menganggap emas sebagai investasi aman pada saat terjadi gejolak politik atau keuangan.

Kontrak aktif emas pada April diperdagangkan naik US$ 28,70 atau 2,2%, menjadi US$ 1.350,30 per ounce. Ini merupakan harga tertinggi sejak Oktober.

Emas biasanya dipandang sebagai lindung nilai terhadap inflasi yang dipimpin harga minyak dan cenderung bergerak secara bersamaan dengan harga minyak mentah.

“Ketidakpastian yang mengelilingi Ukraina bisa mendorong harga emas lebih tinggi dalam beberapa minggu ke depan … meskipun solusi diplomatik dan politik yang akan dicari … banyak juga akan tergantung pada posisi investor , ” kata analis Societe Generale Robin Bhar melansir laman Reuters.

Para pedagang mengatakan emas, yang kehilangan 28% nilainya tahun lalu akan mendapatkan manfaat dari ketidakpastian ekonomi saat pasukan Presiden Rusia Vladimir Putin memperketat cengkeraman mereka di wilayah Ukraina.

About Usman Simanjuntak

Usman Simanjuntak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*