Home / KOMODITAS PERDAGANGAN / Harga Gula Global Masih Tertekan
IMPOR GULA: Seorang petugas mengecek tumpukan gula rafinasi di Makassar, beberap waktu lalu. Pedagang gula menilai rencana pemerintah untuk mengizinkan impor gula kristal putih 500.000 ton tidak probisnis, sehingga akan menyebabkan harga dipasar internasional naik sebesar US$10 per ton

Harga Gula Global Masih Tertekan

Harga gula mentah diperkirakan alami pelemahan hingga pengujung semester I/2017 seiring dengan proyeksi bertumbuhnya produksi.

Perdagangan kemarin Kamin 6/4/2017 pukul 16 : 51 WIB, untuk harga gula pada bursa ICE Futures Europe Commodities pada kontrak Mei 2017 mampu bertambah 0, 09 poin di 0, 56% ke level US$16, 19 sen untuk per pon. Harga kembali rebound sesudah alami penurunan dalam 8 session berturut-turut.

sepanjang tahun masih terus berjalan dengan harga turun 15, 9%. Pada tahun lalu, harga gula kembali berhasil naik sebesar 30, 48% year on year/yoy kondisi tersebut setelah mengalami trend penurunan dari sejak 2010.

Wahyu Tribowo Laksono, analis Central Capital Futures, yang telah mengemukakan trend harga gula memang senderung mengalami pelemahan mulai sejak September 2016. Terkait isu yang paling penting yang menjadi perhatian adalah tingginya volume supply serta belum tumbuhnya keinginan global.

Brasil salah satu produsen gula paling besar didunia diprediksikan alami perkembangan produksi diakrenakan membaiknya cuaca. Pada periode 2017-2018, tingkat supply baru di selatan Brasil diprediksikan meraih rekor baru mencapai 36 juta ton.

Pasar gula yang menggunakan patokan musim mulai bulan Oktober hingga September di ditahu kemarin . Artinya, pada musim 2017-2018 berjalan dari bulan Oktober 2017 sampai September 2018.

sementara di India, sebagai produsen serta customer gula paling besar global, diprediksikan alami penambahan untuk hasil panen. Tetapi, untuk permintaan negara itu mengalami penurunan.

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor komoditi.co.id, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*