Home / PERDAGANGAN / EKSPOR & IMPOR / Harga Karet Sudah Cukup Membaik

Harga Karet Sudah Cukup Membaik

Selama sebulan ini, Harga Karet Sudah Cukup Membaik masih belum stabil karena banyak mendapatkan tekanan dari pasar global. Pasar komoditas masih belum bisa bangkit pasca terpilihnya Trump Sebagai Presiden Baru AS sehingga berdampak bagi pasar Global. Harga Karet di Tokyo Comodities Index masih berada diharga 179 yen per kg atau sekitar 1,59 dollar as per kg. harga tersebut mengalami lonjakan dari sebelumnya sekitar 238.8 yen per kg atau 2.12 dollar as perkg. dalam sebulan harga karet melonjak hingga 33,33%.

Namun kenaikan harga karet ini, cukup membuat petani karet sedikit lebih lega, sebab saat bulan lalu harga karet masih sekitar Rp 5.000 – Rp 6000 perkg maka pada bulan ini harga Karet mencapai Rp 8000 sampai 10.000 perkg. namun diperkirakan kenaikan harga ini tidak akan bertahan lama. Sebab kondisi ekonomi sudah membaik setelah sebelumnya masih dalam ketidakpastian karena pelaku pasar menunggu kebijakan yang akan dikeluarkan oleh Presiden Amerika Terpilih Donald Trump.

Trump dalam kampanye pemilihan presiden AS sebelumnya mengancam akan melakukan proteksi terhadap pasar AS dan akan menyetop impor dari China. Sebab China adalah negera penyerap karet dalam jumlah tinggi, sehingga hal tersebut mempengaruhi harga karet. Jika memang terjadi, maka secara tidak langsung china akan mengurangi produksi dan penyerapan karet di pasar global. Sehingga kenaikan ini berlanjut hingga kuartal I tahun 2017. Selain itu ada juga pembatasan ekspor karet yang di dorong oleh menurunnya stok karet di China.

About Usman Simanjuntak

Usman Simanjuntak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*