Home / BAHAN BAKAR / MINYAK / Harga Minyak Mulai stabil Pasca Konflik di Irak
informasi harga minyak

Harga Minyak Mulai stabil Pasca Konflik di Irak

Di Amerika Serikat (AS) harga minyak mentah terpantau sudah semakin membaik. Setelah sebelumnya harga minyak sempat mengalami tekanan akibat bentrokan yang terjadi di Timur Tengah. Kekhawatiran mengenai bentrokan antara Kurdi dan Pasukan Irak kini mulai mereda dan harga minyak sudah mengalami peningkatan.

Saat ini harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) di Nymex ditutup naik tipis 1 sen menjadi US$ 51,88 per barel. Hal tersebut karena kekhawatiran terkait adanya gangguan pasokan minyak kini sudah mereda. Hal tersebut karena Irak berhasil menguasai kota Kirkuk dari tangan militer Kurdi. Perlu diketahui, Kirkuk merupakan kota Utama penghasil minyak di Irak bagian Utara.

Laporan jika pasukan Irak dan Kurdi sudah berhasil mencapai kesepakatan awal tentang perbatasan, menekan harga minyak. Saat ini harga minyak masih dipengaruhi oleh kondisi geopolitik.

Pasar juga masih mencermati ketegangan yang terjadi antara Amerika dan Iran yang meningkat. Donald Trump menghapus sertifikasi kepatuhan Iran terkait dengan kesepakatan nuklir yang dicapai pada 2015. Para Senat kini mempertimbangkan apakah akan mengeluarkan sanksi baru. Hal tersebut ditakutkan akan mengurangi ekspor minyak dari Iran, dan berpotensi harga akan lebih tinggi

About Usman Simanjuntak

Usman Simanjuntak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*