Home / Uncategorized / Harga minyak naik tipis didukung data PDB Tiongkok

Harga minyak naik tipis didukung data PDB Tiongkok

harga minyakHarga minyak dunia bergerak sedikit lebih tinggi pada Selasa (Rabu pagi WIB), didukung data yang lebih baik dari perkiraan pada pertumbuhan Tiongkok kuartal ketiga, terutama kenaikan hasil industri.

Tetapi pasokan minyak mentah yang berlimpah di pasar global terus membatasi setiap kenaikan harga, lapor AFP.

Patokan AS, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman November, bertambah 10 sen menjadi ditutup pada 82,81 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange.

Minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Desember, naik 82 sen menjadi menetap di 86,22 dolar AS per barel di perdagangan London.

Tingkat pertumbuhan ekonomi Tiongkok kuartal ketiga datang di 7,3 persen, kecepatan terendah dalam lima tahun terakhir, tetapi lebih cepat daripada perkiraan banyak analis.

Daniel Ang, analis investasi Phillip Futures di Singapura, mengatakan pedagang menyambut gembira data Tiongkok untuk produksi industri pada September, yang berbalik naik ke kecepatan 8,0 persen tahun-ke-tahun, setelah tenggelam ke terendah lima tahun 6,9 persen pada Agustus.

“Produksi industri merupakan indikasi baik permintaan minyak mentah dari Tiongkok,” kata Ang, meskipun ia menambahkan bahwa pihaknya tetap harus melihat apakah kenaikan pada September akan bertahankan dalam beberapa bulan mendatang.

Carl Larry dari Oil Outlooks and Opinions mengatakan kenaikan harga WTI dibatasi oleh kekhawatiran tentang kenaikan lain dalam stok minyak mingguan pemerintah AS yang akan dilaporkan pada Rabu waktu setempat.

“Ada beberapa kegelisahan tentang persediaan, mengantisipasi penumpukan (stok) minyak mentah besok.” (A026)

About Usman Simanjuntak

Usman Simanjuntak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*