Home / BAHAN BAKAR / MINYAK / Harga Minyak WTI Tertekan Hari Ini

Harga Minyak WTI Tertekan Hari Ini

Kenaikan drastis persediaan minyak mentah di kawasan AS (Amerika Serikat) membawa dampak besar hari ini, harga minyak WTI Rabu pagi tertekan dan mengalami penurunan.

Untuk pasokan bulan Desember, harga minyak WTI (west texas intermediate) harus diperdagangkan senilai US$ 55,14/barel jam 16.38 kemarin sore, usai di Selasa kemarin masih ada di posisi 55,70/barel. Hal ini terungkap dari data yang diunggah New York Mercatile Exchange.

Kabar lainnya, minyak Brent untuk memasok bulan Januari di Selasa malam juga mengalami penurunan 95 sen di posisi US$ 62,21/barel dalam rilisan ICE Future Europa Exchange yang ada di London.

Bursa minyak yang ada di kawasan New York memang dalam keadaan melemah selepas API (American Petroleum Institute) menunjukkan adanya kenaikan tajam soal stok minyak mentah yang ada di AS ke kisaran 6,51 jta barel selama sepekan lalu.

Nominal ini merupakan kisaran terbesar sejak rilisan harga di bulan Maret lalu sesuai apa yang diporkan pihak EIA (Energy Information Administration) beberaa waktu yang lalu.

API juga mengunggah kabat jika adanya peningkatan stok bahan bakar bensin sebesar 2,4 juta barel selama sepekan lalu dan persediaan di kawasan Cushing saat ini turun sebesar 1,8 juta barel di awal pekan ini.

“Masalah ini akan membuat proses bullish mengalami peredaman sejenak. Saya berpendapat jika ekspor minyak mentah didalam beberapa pekan kedepan akan masih rendah dan ini  bisa berkemungkinan membawa dampak besar sampai akhrir bulan ini.” ungkap Kyle Cooper ke Bloomberg, Rabu(15/11) pagi.

Sejauh ini penurunan harga minyak juga sangat dipengaruhi perubahan musim ke musim dingin ringan dibandingkan cuaca sebelumya. Dengan kondisi ini permintaan minyak memang mengalami penurunan dari biasanya.

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor komoditi.co.id, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*