Home / LOGAM MULIA / LOGAM LAINNYA / Harga Palladium Semakin Meroket Akibat Tingginya Defisit
informasi harga logam palladium 13 juni 2017

Harga Palladium Semakin Meroket Akibat Tingginya Defisit

Semakin tingginya defisit palladium disepanjang tahun ini diprediksi akan semakin mendorong harga komoditas palladium dalam beberapa waktu dekat. Sepanjang tahun ini, harga palladium terus melonjak naik 30%. Pasar komoditas masih banyak dipengaruhi oleh kondisi geopolitik terutama pada pemilu Inggris yang mempengaruhi pasar komoditas global.

Pada pekan lalu, harga palladium naik 7.9% menjadi US$928,36 per ounce dan merupakan harga tertinggi sejak 16 tahun terakhir. Palladium biasanya akan digunakan untuk mengurangi emisi berbahaya dari kendaraan berbahan bakar bensin. Palladium masih rally sejalan dengan rendahnya pasokan selama 6 tahun terakhir. Saat ini harga platinum mengalami kenaikan, dimana kenaikan ini pertama kalinya sejak 2001.

Fundamental di Palladium merupakan yang terbaik dibandingkan dengan komoditas lainnya.  Kenaikan yang terus terjadi pada palladium dalam waktu dekat bisa menyalip harga paltinum. Walaupun saat ini produksi palladium masih belum bisa memenuhi permintaan sejak 2012, namun permintaan palladium terus mengalami pertumbuhan sejalan dengan tingginya penjualan mobil dan batasan emisi yang semakin ketat.

Sementara itu, persediaan (Stockpile) bisa membantu untuk memberikan pasokan terhadap permintaan konsumen selama beberapa tahun belakangan ini. Tetapi stok tersebut masih belum bisa untuk memenuhi permintaan pasar yang terus mengalami lonjakan

About Usman Simanjuntak

Usman Simanjuntak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*