Home / LOGAM MULIA / Harga Perak Diperkirakan Mengalami Peningkatan

Harga Perak Diperkirakan Mengalami Peningkatan

Harga perak diperkirakan akan mengalami peningkatan di tahun 2017 seiring dengan tumbuhnya sisi permintaan industri. Rerata harga perak diperkirakan akan mengalami pertumbuhan 7% yoy jadi US$ 18,3 / troy ounce dari 2016 seharga US$ 17,11 / troy ounce.

Di perdagangan Senin, 23 Januari 2017 jam 17.11 WIB, harga perak ada pada US$ 17,15 / troy ounce. Di tahun lalu, harga mengalami peningkatan 15% dengan rerata US$ 17,11 / troy ounce.

Perusahaan riset Metal Focus Ltd. di laporannya memberitahukan secara keseluruhan harga logam mulai mengalami pemerosotan di 2 bulan terakhir tahun 2016 lantaran peningkatan dolar. Mata uang tersebut melambung tinggi sejalan dengan ekspektasi pertumbuhan ekonomi di Amerika Serikat di bawah arahan Donald Trump serta pergerakan dari suku bunga The Fed.

Akan tetapi, harga masih memiliki potensi untuk meninggi di tahun 2017 sebab beberapa faktor pada paruh pertama di tahun lalu yang masih cukup relean sampai saat ini. 3 faktor terutama yang akan memicu peningkatan logam mulia di tahun 2017 ini adalah belum agresifnya pergerakan dari peningkatan suku bunga Federal Reserve, penurunan mata uang utama, serta faktor resiko global yang mengalami peningkatan pada permintaan.

Sentimen hawkish saat ini masih terus membayangi dengan adanya rencana awal peningkatan sebanyak 3 kali di tahun 2017. Alhasil peningkatan harga logam mulai saat ini masih terus tertahan.

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor komoditi.co.id, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*