Home / KOMODITAS PERDAGANGAN / Hari Keempat Harga Karet Masih Menguat

Hari Keempat Harga Karet Masih Menguat

Rabu pagi ini (8/11/11) harga karet masih menunjukkan penguatan yang sama dengan tiga hari sebelumnya. Hal ini masih dipengaruhi oleh pelemahan nilai yen dan juga penguatan harga minyak mentah di kawasan timur tengah.

Dalam rilisan di Tocom, harga karet untuk pasokan kiriman April 2014 menguat dengan harga 206,00 yen/kg, dengan ini mampu naik sebesar 0,49% (1 poin) dari hari sebelumnya. Selasa pagi, harga karet dibuka seharga 205,80/kg dari harga sehari sebelumnya 205/kg. Usai sebelumnya ada di level 2,60% menguat tipis ke level 0,39%.

Kazuhiko Saito salah satu analis yang ada di perusahaan broker Fujitomi, beberapa waktu lalu mengatakan kalau dampak pengutaan harga minyak mentah sangat mempengaruhi kenaikan signifikan dari harga karet dunia saat ini.

“Tanjakan harga minyak mentah memang sangat berpengaruh ke harga karet dunia, mengingat nilai tukar Yen melemah dalam beberapa hari ini” kata dia, dalam rilisan Bloomberg.

Adanya curah hujan yang tinggi dalam kawasan Thailand selatan membuat kekhawatiran ke suplay karet dunia, dan ini juga mempengaruhi naiknya harga bahan komoditas tersebut.

Apalagi gangguan hukum di kalangan pejabat Arab Saudi beberapa waktu lalu, juga mampu mengangkat nilai minyak mentah yang ada di kawasan Amerika Serikat. Bahkan Senin kemarin saja harga minyak AS mampu menembus US$57/barel.

Bahkan nilai Yen yang mengalami penurun sebesar 0,38% (0,43 poin) ke level 114,14/dolar AS dari hari sebelumnya yang menguat 0,31% ke level 113,71 mampu mengangkat harga karet kembali di Selasa kemarin. Jika nilai tujar yen dan minyak bumi menguat kembali esok, maka bisa dipastikan harga karet akan mampu meneruskan rally nya kembali.

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor komoditi.co.id, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*