Home / PERDAGANGAN / EKSPOR & IMPOR / Industri Manufaktur Jadi Kunci Indonesia Untuk Hadapi Persaingan Global

Industri Manufaktur Jadi Kunci Indonesia Untuk Hadapi Persaingan Global

Tranformasi terhadap industri manufaktur adalah salah satu kunci bagi peningkatan daya saing global Indonesia serta menghadapi dunia. Sebab itu, strategi transformasi industri yang terencana dengan baik, terkoordinasi serta komprehensif sangat diperlukan.

Agus DW Martowardojo selaku Gubernur BI (Bank Indonesia) berkata jika transformasi industri wajib dilakukan lewat pembenahan dalam sejumlah lini. Di mulai dari SDM (Sumber Daya Manusia) sampai pasokan dari energi dan infrastruktur yang lain.

“Demikian mengemukan ketika Rapat Koordinasi Pemerintah Pusat, Bank Indonesia serta Pemerintah Daerah yang telah dilaksanakan di Surabaya pada hari ini.”ungkapnya, Jumat, 25 November 2016.

Agus mengatakan jika rapat koordinasi itu telah diikuti oleh beberapa pihak seperti Bank Indonesia, sejumlah kementerian hingga Pemda (pemerintah daerah) Jawa Timur. Hadir untuk menjadi wakil Pemda yaitu Gubernur Jawa Timur, Soekarwo.

“Rapat itu diikuti oleh gubernur serta anggota dewan gubernur Bank Indonesia, para pejabat tinggi Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Kementerian Perindustrian dan Kementerian ESDM.  Hadir menjadi wakil dari pemerintah daerah ialah gubernur dari Jawa Timur dan sejumlah bupati yang ada di daerah Jawa Timur.”tuturnya.

Ke depannya, Agus menambahkan jika para peserta rapat koordinasi setuju untuk dapat terus memperkuat koordinasi serta sinergi terkait kebijakan. Hal ini mempunyai tujuan untuk mempercepat proses tranformasi industri pada sektor manufaktur. “Sehingga bisa mendorong industri Indonesia untuk bersaing secara global.”ungkapnya.

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor komoditi.co.id, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*