Home / Uncategorized / Inflasi Manado Terbesar Di Indonesia

Inflasi Manado Terbesar Di Indonesia

Laju dari inflasi yang ada di Prov. Sulavesi Utara pada Bulan November 2016 yang diwakilkan oleh Kota Manado adalah yang paling tinggi di Indonesia. Badan Pusat Statistik Prov. Sulawasi Utara memberitahukan jika angka inflasi di Manado menyentuh 2,86% dengan inflasi tahun kalender mencapai 1,90% serta inflasi year on year 3,67%. Sebelumnya di Bulan Oktober 2016, inflasi di Manado ialah yang terkecil di Indonesia yaitu 0,01%.

“Inflasi di Manado, November 2016 dikarenakan terjadi peningkatan indeks di semua kelompok pengeluaran, yang didominasi pada kelompok bahan bakar 12,08%. Komoditas yang mengalami peningkatan harga seperti tomat, cabai, lemot, angkutan udara, kol, cabai merah, baju, cat, gorden, lemon dan sebagainya.”ungkap, Moh Edi Mahmud, Kepala BPS Prov. Sult, Kamis, 1 Desember 2016.

Pada bulan-bulan yang lalu, angka inflasi di Manado justru jauh lebih terkontrol. Bahkan secara beruntun sejak Januari sampai April 2016, secara bulanan, Manado mampu mengalami deflasi.

Angka realisasi inflasi ini jauh lebih besar daripada yang diperkirakan oleh BI. Peter Jacobs selaku Kepala kantor Perwakilan BI Prov.  Sulut mengatakan jika inflasi kali ini terpengaruh karena harga kelompok dari volatile food. Sedangkan kelompok administered price atau harga barang dan jasa yang telah diatur oleh pemerintah serta kelompok inti masih mengalami inflasi yang dapat dikatakan tergolong rendah.

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor komoditi.co.id, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*