Home / Uncategorized / IPB Kembangkan Komoditas Sagu Papua

IPB Kembangkan Komoditas Sagu Papua

sagupapuaDalam rangka percepatan pengembangan komoditas sagu di Papua, Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Bogor (IPB) menggelar Workshop Business Plan Pengembangan Komoditas Sagu Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat.
Seminar berlangsung di Ruang Sidang Mahoni, Kampus Manajemen dan Bisnis IPB, Bogor.

Dekan Fakultas Teknologi Pertanian IPB, Dr. Sam Herodian menuturkan,  pengembangan sagu di Papua hendaknya sudah ada aksi nyatanya di sana.

“Sementara model pengembangan sagu akan dilakukan di daerah Sorong Selatan. Selain itu, market-nya  juga harus disiapkan,”kata Dr.Sam.

Kepala Dinas Peternakan, Pertanian, Tanaman Pangan dan Perkebunan Mimika, John Wicklif Tegai  mengatakan, sagu merupakan komoditas mandiri.

Tanamannya tidak merepotkan orang banyak. Dirinya sangat setuju ada percepatan pengembangan sagu di daerah Papua.
Namun hal tersebut harus menjadi  agenda nasional yang dilakukan  pusat ke daerah.

Terkait banyaknya persoalan program semacam ini, ia meminta, agar harus bisa memastikan sampai pada decision maker.

Pemerintah pusat harus berani memulainya. Berani menganggarkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Demikian juga pemerintah daerah hendaknya menganggarkannya dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Yang terpenting  pendidikan, anak –anak Papua harus banyak belajar tentang sagu.

“Pendidikan ini merupakan tanggung jawab bersama. Terutama IPB mempunyai tanggung jawab moral bersama-sama untuk mensosialisasikan sagu. Persoalan lainnya adalah sosialisasi dan publikasi. Sosialisasi tersebut tidak hanya wajib dihadiri Bupati dan Gubernur, namun juga media masa.

Keunggulan dan manfaat sagu harus diketahui dan dipahami masyarakat sehingga memudahkan pemerintah untuk melakukan pengembangan sagu,”paparnya.

Terkait pendidikan Prof. Dr. Hasyim Bintoro, Ketua Program Keahlian Produksi dan Pengembangan Pertanian Terpadu, Program Diploma IPB siap mengirimkan mahasiswanya untuk melakukan praktik di daerah Papua.

Acara workshop diakhiri dengan penandatanganan naskah kerjasama IPB dengan Kabupaten Sorong Selatan yang ditandatangani Wakil Rektor Bidang Riset dan Kerjasama IPB, Prof. Anas M. Fauzi dan  Bupati Mimika yang diwakili Kepala Bapeda Sorong Selatan, Drs.Otto Ihalauw, MA.

About Usman Simanjuntak

Usman Simanjuntak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*