Home / Uncategorized / Komoditas Indonesia Yang Menjadi Jawara Dunia

Komoditas Indonesia Yang Menjadi Jawara Dunia

Komoditi Indonesia memiliki peluang yang besar di pasar dunia. Apalagi saat ini telah diberlakukan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) per 1 Januari 2016. Sekretaris Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Marthin Simanungkalit menjelaskan, dengan adanya MEA maka terdapat sebuah peluang di industri perdagangan berjangka pada sejumlah komoditi yang saat ini sudah mendunia.

Kopi, Indonesia tempati nomor tiga. Sawit, kita tempati produksi teratas dengan 26 juta metrik ton per tahun, dan karet mentah kita nomor dua dunia Pengembangan komoditi menjadi peluang besar lantaran Indonesia menempati posisi-posisi teratas sebagai negara penghasil komoditas primer. untuk komoditas kakao saja, Indonesia menyumbang 16 persen dari produksi dunia.

Komoditas tersebut sangat berkontribusi terhadap perekonomian di Indonesia. Komoditas tersebut berkontribusi sebesar US$ 29,5 miliar bagi pemasukan negara. “Sekitar 60 persen atau sekitar US$ 19,5 miliar nya disumbangkan dari bisnis kelapa sawit. Industri sawit sangat menguntungkan karena memang dari sisi bisnis permintaan pasar yang amat tinggi.

About Usman Simanjuntak

Usman Simanjuntak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*