Home / BAHAN BAKAR / MINYAK / Kondisi Politik Timur Tengah Menekan Harga Minyak
Informasi harga minyak Juni 2017

Kondisi Politik Timur Tengah Menekan Harga Minyak

Harga Minyak Dunia semakin masuk kedalam zona lebih rendah pada perdagangan pekan ini, pelemahan harga minyak ini terjadi akibat geopolitik yang terjadi di Timur Tengah sehingga menimbulkan kekhawatiran pasar. Harga minyak semakin betah berada di zona merah akibat belum ada sentimen yang bisa mengangkat harga minyak.

Pada awal pekan ini, Uni Emirat Arab (UAE), bersama Arab Saudi, Bahrain dan Mesir memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar. Pemutusan hubungan tersebut karena Qatar dianggap mendukung dan membiayai teroris dan mencampuri urusan dalam negeri mereka.

Akibat aksi tersebut semakin meningkatkan perselisihan mengenai dukungan Qatar terhadao Ikhwanul Muslimin yang merupakan gerakan Islam tertua di dunia, dengan menambahkan tuduhan bahwa Doha bahkan mendukung pesaing utama negara Arab, Iran. Ketiga negara teluk tersebut mengumumkan penutupan jalur pengangkutan yang menjadi penghubung wilayah tersebut dengan Qatar.

Akibat semakin tidak tentunya kondisi politik ditimur Tengah memberikan tekanan yang sangat berat untuk harga minyak. Ditambah dengan timbulnya kekhawatiran tentang kesepakatan global untuk mengurangi produksi minyak.

Harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Juli, turun US$ 0,26 menjadi menetap di US$ 47,40 per barel di New York Mercantile Exchange. Lalu minyak mentah Brent turun US$ 0,48 menjadi ditutup pada US$ 49,47 per barel di London ICE Futures Exchange.

About Usman Simanjuntak

Usman Simanjuntak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*