Home / KOMODITAS PERDAGANGAN / Kopi Indonesia Siap Merambah Pasar Asia Timur

Kopi Indonesia Siap Merambah Pasar Asia Timur

Permintaan kopi Indonesia dipasar mancanegara terus mengalami peningkatan. Bukan hanya permintaan kopi dalam negeri yang mengalami lonjakan permintaan namun juga permintaan kopi di pasar luar negeri terus mengalami lonjakan. Beberapa daerah di Indonesia memiliki Kopi yang khas, kopi daerah memiliki cita rasa khas yang berbeda dengan kopi lainnya. sehingga itu menjadi daya tarik bagi para pecinta kopi.

Beberapa daerah awalnya masih kurang untuk memproduksi kopi namun saat ini banyak daerah yang sudah bergerak untuk memproduksi biji kopi berkualitas. Dari Aceh sampai Papua, itu semua menghasilkan kopi. Seperti kopi asal Jawa Barat saat ini sudah merambah Pasar Amerika.

Beberapa kopi Asal Indonesia yang sudah berhasil menembus ekspor pasar kopi internasional adalah, Kopi Aceh, Kopi Toraja, Kopi Flores, Kopi Bali dan Jawa. Beberapa kopi tersebut terus mengalami peningkatan permintaan di Amerika dan juga beberapa negara di Eropa.

Pada tahun 2015 Kopi jenis Green Beens nilai ekspor mencapai 1.543 miliar dollar As atau mengalami kenaikan 13.5% dari tahun sebelunya yang hanya mencapai 1359 miliar dollar As. Sementara itu, volume ekspor kopi Indonesia per tahun 2015 tercatat sebesar 606,80 juta ton atau naik 26,28% dari volume ekspor pada tahun sebelumnya yang sebesar 480,51 juta ton.

Saat ini Eksportir sedang mengincar pasar kopi Asia Timur seperti China dan Korea. Sebab permitaan kopi dari kedua negara tersebut masih tinggi, ada perubahan pola dari kedua negara tersebut, biasanya mereka mengkonsumsi kopi namun kini beralih menjadi mengkonsumsi kopi.

 

Hasil pencarian terkait:

  • tujuan ekspor kopi (2)
  • alasan mengekspor kopi (1)
  • kenapa indonesia mengekspor kop (1)
  • tujuan ekspor kopi indonesia (1)

About Usman Simanjuntak

Usman Simanjuntak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*