Home / Kopi / Kopi Jabar masih di bawah Standar Mutu

Kopi Jabar masih di bawah Standar Mutu

kopijabarSejauh ini petani kopi di Jawa Barat dianggap belum bisa bersaing dalam penjualan kopi di Indonesia. Petani kopi hanya mampu menjual komoditinya dengan harga murah. Tidak adanya pasar dan keterbelakangan pendidikan membuat petani  kopi tidak bisa bersaing.

Indonesia selama tahun 2013,  mampu  menghasilkan 750.000 ton kopi. Jawa Barat ikut berkontribusi hanya dengan menghasilkan 10.000 ton kopi. Masih perlu waktu untuk mengatakan petani kopi Jawa Barat sejahtera.

Hal tersebut dijelaskan oleh Jayagama, ketua harian Clearing House Kopi Jawa Barat.

“Petani di Jabar tidak mampu bersaing. Padahal kopi dari Jabar memiliki kualitas yang mampu bersaing di pasar internasional,” tutur Jayagama, Kamis (13/2).

Keterbatasan teknologi dan keterbelakangan pendidikan membuat petani kopi di Jawa barat lebih memilih menjual kopi secara mentah, tanpa diproses terlebih dahulu. Serta ketidaktahuan petani mengenai pasar global membuat harga jual kopi dari Jabar rendah.

“Petani memilih untuk menjual cherry (kopi yang baru dipanen). Juga mereka tidak mengetahui bagaimana mengolah kopi hingga siap jual dan bisa bersaing,” tambah Jayagamma

About Usman Simanjuntak

Usman Simanjuntak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*