Home / Kopi / Korea Selatan Akan Menjadi Pasar Ekspor kopi Indonesia

Korea Selatan Akan Menjadi Pasar Ekspor kopi Indonesia

Kopi indonesia sudah memiliki kualitas yang baik. Kopi indonesia sudah terkenal di beberapa negara karena memiliki cita rasa yang khas, sehingga tak heran jika kopi masih menjadi komoitas andalan indonesia. sudah banyak jenis kopi indonesia yang di ekspor dan juga terdapat di berbagai wilayah indonesia. saat ini Ekportir kopi indonesia telah memilih Korea Selatan sebagai Pasar Ekspor kopi indoneisa. Karena pertumbuhan kopi di korea sangatlah pesat sehingga sangat cocok untuk melakukan ekpsor kopi indonesia ke Korea. Saat ini indonesia akan meningkatkan kembali kualitas ekspor kopi karena indonesia hanya baru memasok 10% kopi ke korea.

Indonesia saat ini tengah memfokuskan untuk bisa mengekspor kopi dalam jumlah besar karena korea merupakan pasar kopi yang sangat potensial. Korea mengimpor kopi pertahunnya sejumlah US$550 juta kopi dari seluruh dunia, dengan negara peng ekspor seperti Vietnam dan brazil. Oleh sebab itu saat ini indonesia akan lebih giat untuk memasok kopi ke Korea. Yang menjadi kendala adalah, penikmat kopi di korea masih belum kearah specialty, sehingga kopi asal indonesia seperti, kopi gayo aceh atau Kopi Toraja masih sangat sedikit peminatnya di korea

Selain itu indonesia masih harus bersaing masalah harga. Untuk ekspor ke korea, harga kopi indonesia masih kurang kompetitif jika di bandingkan dengan negara lain, harga kopi indonesia berada pada harga di atas US$5 sedangkan kopi dari negara lain sebesar US$2,5 per kilogram. Namun masih perlu cara lebih lanjut berasama pemerintah agar kopi indonesia bisa masuk ke pasar korea. Mengingat korea menjadi pasar kopi yang sangat menjanjikan.

 

About Usman Simanjuntak

Usman Simanjuntak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*