Home / Kopi / Menperin buka Seminar dan Pameran Kopi Nusantara

Menperin buka Seminar dan Pameran Kopi Nusantara

kopi-luwakMenteri Perindustrian (Menperin) Mohamad S Hidayat membuka Seminar dan Pameran Kopi Nusantara yang digelar di Plasa Pameran Industri Kementerian Perindustrian pada 24–27 Juni.

“Pameran ini diharapkan menjadi wahana pendorong bagi para pengusaha industri pengolahan kopi untuk memperkenalkan produk, kualitas, dan citra merek serta memperoleh masukan dari pelanggan,” ujar Menperin MS Hidayat di Jakarta, Selasa.

Menperin mengatakan, Indonesia sebagai negara penghasil kopi terbesar ketiga di dunia, setelah Brazil dan Vietnam, memproduksi 692 ribu ton kopi pada 2013 atau sekitar delapan persen dari produksi kopi dunia.

Indonesia juga memiliki berbagai jenis kopi khusus yang dikenal dunia, seperti Gayo Coffee, Mandailing Coffee, Lampung Coffee, Java Coffee, Kintamani Coffee, Toraja Coffee, Bajawa Coffee, Wamena Coffee dan Luwak Coffee dengan cita rasa dan aroma khas sesuai indikasi geografisnya.

Pameran yang dibuka pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB tersebut diikuti oleh 42 peserta dari berbagai pemangku kepentingan perkopian nasional yang akan menempati 50 stand, di mana terdapat kegiatan edukasi, salah satunya tentang pengenalan cara uji cita rasa kopi dan teknik menyangrai kopi.

Menperin berharap agar kegiatan tersebut dapat memperkenalkan diversifikasi produk kopi Indonesia dan meningkatkan konsumsi kopi di dalam negeri. (antara)

About Usman Simanjuntak

Usman Simanjuntak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*