Home / KOMODITAS PERDAGANGAN / Menteri Amran: Harga Kebutuhan Pokok Aman Mendekati Ramadan

Menteri Amran: Harga Kebutuhan Pokok Aman Mendekati Ramadan

Harga serta kebutuhan pokok mendekati Ramadhan sampai Idul Fitri dinilai aman hingga ketika hari besar itu diinginkan tak ada lagi kelangkaan pangan, tegas Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

“Kesimpulan dari kunjungan kami kalau stock serta harga beras hingga mendekati Ramadhan serta Idul Fitri aman, ” kata Mentan Amran dalam siaran pers Humas Kementerian Pertanian yang di terima di Jakarta, Kamis.

Hal itu di sampaikan saat dianya berbarengan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita lakukan pemeriksaan mendadak menuju tiga pasar tradisional Pasar Senen, Pasar Rawamangun serta Pasar Induk Beras Cipinang untuk awasi harga serta stock bahan pangan pokok mendekati Ramadhan sampai Idul Fitri.

Untuk harga bawang sekarang ini Mentan menyampaikan kalau dari kunjungan kerjanya ke Kabupaten Temanggung dilaporkan kalau harga bawang di tingkat petani Rp8. 000 per kg, tetapi harga dipasaran meraih Rp25. 000-Rp30. 000 per kg hingga ada disparitas harga sekitaran 300 %.

“Saya setuju dengan Mendag untuk memohon Bulog serap harga Rp15. 000 per kg, hingga petani tak tidak untung serta ingin tanam lagi, ” terang Mentan.

Setelah itu untuk pantauan harga cabai sekarang ini tunjukkan penurunan harga yang cukup penting, sebelumnya sampai meraih Rp100. 000 per kg. Pantauan di Pasar Senen serta Pasar Rawamangun hari ini harga cabai sekitar pada Rp40. 000- Rp60. 000 per kg.

“Untuk harga cabai yang di pasaran begitu baik bahkan juga ada yang capai Rp20. 000 per kg, ” tutur Mentan Amran.

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor komoditi.co.id, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*