Home / Uncategorized / Pemberdayaan PT NSP dan Penyuluhan Masyarakat Peduli Api

Pemberdayaan PT NSP dan Penyuluhan Masyarakat Peduli Api

pt_nasional_sagu_primaPT NSP (Nasional Sagu Prima) yang dipimpin oleh Erwin Thaib GM PT NSP menyelenggarakan program penyuluhan serta penguatan Masyarakat Peduli API atau MPA di kepulauan Meranti. Program ini dilakukan kepada masyarakat sebagai peningkatan partisipasi baik itu pencegahan maupun penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan.

Penyuluhan dari PT. NSP

MPA sendiri dikenal sebagai kegiatan penyuluhan mengenai pencegahan kebakaran serta pengelolaan agronomi yang terbaik. Kegiatan ini merupakan bagian dari program CSR dari Nasional Sagu Prima yang dikepalai oleh Erwin Thaib. Musibah kebakaran hutan dan lahan sangat diantisipasi, sinergi dengan para pihak terkait pun seperti Pemda, Polres, BKSDA Provinsi, dan pihak terkait lainnya dilakukan dalam penyelenggaraannya. Program ini juga dilakukan mengingat Juli sampai September merupakan bulan rawan kebakaran dengan musim panas yang terjadi. Kepulauan Meranti pun merupakan daerah berpotensi dan sangat rawan kebakaran karena sebagian besar lahannya merupakan gambut.

Materi Pencegahan Kebakaran dari PT Nasional Sagu Prima (NSP)

Materi yang disampaikan oleh pemateri selain pencegahan kebakaran, juga diberikan pengenalan mengenai dampaknya terhadap lingkungan. Disampaikan juga agar inisiasi pembentukan MPA dilakukan sebagai sebuah lembaga. Larangan pembukaan lahan dengan pembakaran hutan pun juga disosialisasikan. Bahkan, bagi mereka yang melanggar akan dikenakan sanksi sesuai dengan undang-undang yang berlaku baik itu kurungan 10 tahun maupun denda 10 milyar. Nasional Sagu Prima tidak hanya memberikan penyuluhan saja. Peralatan lengkap pemadaman kebakaran pun diberikan ke desa-desa yang berada di sekitar perusahaan. Salah satu pembentukan kelompok MPA yang telah dilakukan adalah di Teluk Buntal. Kegiatan ini disambut baik oleh masyarakat dan terus disosialisasikan. Kepedulian lingkungan pun menjadi bagian dari pencegahan terjadinya lagi kebakaran hutan dan lahan. Harapan sosialisasi ini sendiri diberikan oleh kepala desa kepada para peserta yang hadir dalam acara PT Nasional Sagu Prima ini.

Kerja sama antara masyarakat dan perusahaan merupakan keseimbangan yang harus dijalin dengan baik. Kedua pihak ini harus pro aktif dalam membantu dan menanggapi satu sama lain. PT. NSP yang digawangi Erwin Thaib ini pun memberikan bantuan lain berupa pemberian bibit-bibit tanaman tidak hanya sagu sebagai penunjang kehidupan masyarakat yang harus menjadi prioritas.

About Usman Simanjuntak

Usman Simanjuntak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*