Home / KOMODITAS PERDAGANGAN / KOMODITAS LAINNYA / Perdagangan Kali ini Harga Karet TOCOM Berhasil menguat

Perdagangan Kali ini Harga Karet TOCOM Berhasil menguat

Hampir selama sepekan pasar komoditi global dilanda ketidakpastian. Sejumlah harga komoditi kian terhempas akibat ketidakpastian kenaikan suku bunga the fed. Hal ini menimbulkan kekhawatiran disejumlah pelaku pasar. sebelumnya, harga Emas dan CPO sempat mengalami tekanan hebat dan kedua komoditas tersebut harus koreksi karena terus menurun setiap harinya. Selain itu pasar spot minyak juga harus mengalami koreksi karena pertemuan OPEC yang membahas pemangkasan pasokan minyak. Kini pasar komoditi global terlihat sudah semakin membaik, hal tersebut bisa terlihat dari harga CPO yang perlahan sudah pulih, sejak dari perdagangan kemarin harga CPO sudah bergerak naik sekitar 1 % dan ini merupakan capaian yang positif ditengah gejolak pasar yang tidak stabil.

Pada perdagangan bursa komoditi kali ini, harga karet tocom yang sebelumnya sempat melemah dan banyak tekanan kini perlahan sudah mulai bangkit. Sebelumnya harga karet berjangka sempat tertekan karena pelaku pasar yang mencermati kenaikan suku bunga The Fed. Kali ini harga karet Tocom berhasil naik positif, harga karet alami berjangka untuk periode kontrak pengiriman bulan Mei 2017 ditutup naik karena ikut terbawa sentimen bullish, yaitu karena adanya rasa optimis produsen Jepang terhadap karet uang di ikuti juga oleh harga karet berjangka di Tiongkok dan Singapura yang berhasil naik sekitar 1%.

Harga karet terdorong oleh sentimen positif produsen Jepang untuk pertama kalinya dalam kurun waktu 6 kuartal dalam 3 bulan hingga bulan Desember untuk bisa mencapai angka tertinggi satu tahun. Kini akibat dorongan dari produsen jepang membuat harga karet berjangka Tocom berhasil menguat. Selain itu keuntungan saham dan kejatuhan Yen juga menjadi sebab harga Karet tocom berhasil meraih hasil positif.

Harga karet berjangka di Shanghai untuk periode pengiriman Mei naik 655 Yuan dan berada di 20.115 yuan per ton, pada sebelumnya berada di 20.110 yuan perton. Sementara itu karet Tocom berjangka untuk Asia Tenggara berhasil naik lebih dari 70% sejak akhir agustus. Harga karet tocom hari ini naik 12.6 yen atau 4.9% ada posisi 272,30 yen per kilogram. Pada perdagangan sebelumnya berada pada 259,70 yen per kilogram.

 

About Usman Simanjuntak

Usman Simanjuntak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*