Home / BAHAN BAKAR / Pertamina Internasional Fokus Produksi Minyak Pada Enam Negara

Pertamina Internasional Fokus Produksi Minyak Pada Enam Negara

Pertamina Internasional EP, anak perusahaan Pertamina  tingkatkan produksi minyak di tingkatan sekitaran 150. 000 barel equivalen minyak /hari (boepd) dari aset-aset blok migas pada enam negara.

Direktur Pertamina Internasional EP Slamet Riadhy menyampaikan produksi itu bisa diraih di kuartal-I 2017 dari blok migas yang ada di Aljazair, Irak, Malaysia, Tanzania, Gabon serta Nigeria.

“Setelah Pertamina Persero sukses lakukan penambahan saham untuk Maurel and Prom sebesar 72, 65 % pada akhir Februari 2017 dengan penambahan aset-aset produksi di tiga negara yakni Tanzania, Gabon, serta Nigeria, produksi minyak PIEP saat ini jadi 150 ribu boepd, ” tegas Slamet pada media gathering di Cirebon, Senin.

Ia merinci produksi migas dari dari Aljazair, Irak serta Malaysia bertambah jadi 131 ribu BOEPD dari kurang lebih 100 ribu BOEPD pada 2014. Ada juga produksi gas sekarang ini dari ketiga negara itu sekitaran 200 mmscfd.  Pencapaian produksi PIEP dari tiga negara pada 2016 sebesar 127 ribu BOEPD atau 121 % diatas target produksi 2016.

Cadangan minyak PIREP sekarang ini meraih 402 juta barel atau tumbuh penting dari awal mulanya 314 juta barel. Hal yang sama juga terjadi dari cadangan gas sebesar 758 BCF atau bertambah dibandingkan dua tahun terlebih dulu 546 BCF.

Penambahan produksi serta cadangan itu bisa diraih dengan tetap memerhatikan efisiensi pengeluaran per barel. Dari gambaran, biaya operasi di tahun 2015 meraih 10, 3 dolar AS per barel kemudian menurun jadi 7, 5 dolar AS per barel pada 2016.

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor komoditi.co.id, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*