Home / Industri / PLN Targetkan 11. 300 Desa Teraliri Listrik

PLN Targetkan 11. 300 Desa Teraliri Listrik

PT PLN (Persero) membidik sejumlah 11. 300 desa terlistriki sampai 2019 untuk tingkatkan rasio elektrifikasi nasional, yang sekarang ini baru meraih 91 %.

Direktur Rencana PLN Nicke Widyawati di Kantor Pusat PLN Jakarta, Rabu (5/4), menuturkan dari keseluruhan desa yang bakal dilistriki itu, ada 2. 530 desa yang belum sekalipun menikmati listrik, sedang bekasnya telah dialiri listrik, tetapi kurang dari enam jam.

“Terkait program listrik desa, pihak kami targetkan hingga 2019 keseluruhan yang bakal kami berikan listriki 11. 300 desa. Bila diliat pencapaian elektrifikasi nasional diakhir tahun 2016 sebesar 91 %, jadi sisa rasio elektrifikasi yang hanya sembilan persen, ” tuturnya.

Tetapi, ia menyampaikan sisa rasio elektrifikasi tersebutsemakin lebih sulit diraih, lantaran daerah yang belum terlistriki ada di Indonesia area timur yang terisolasi.

Direktur Usaha Regional Sulawesi serta Nusa Tenggara Machnizon Masri memberikan ada 700 desa yang ada di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang bakal dilistriki pada tahun 2017. Sesuai sama ide, perseroan membidik pembangunan jaringan serta transmisi jalan sampai November 2017.

“Kami bakal bangun sebagian jaringan, lalu sediakan gardu induk serta transmisi. Kami bakal coba 2017 ini di satu kabupaten di NTT yang 100 % desanya terlistriki, yakni di Flores. Tahun depan 500 desa yang akan kami kerjakan (listriki). Kerjanya semakin lebih berat, ” kata Machnizon.

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor komoditi.co.id, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*