Home / KOMODITAS PERDAGANGAN / MAKANAN / Sekitar 24.000 Hektar Kebun Teh Rakyat di Jawa Barat Rusak

Sekitar 24.000 Hektar Kebun Teh Rakyat di Jawa Barat Rusak

Berdasarkan data Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat ada sekitar 24.000 Hektare lahan kebun Teh mengalami kerusakan. Perkebunan tersebut dikelola secara langsung oleh Warga di Provinsi Jawa Barat dan dinyatakan mengalami kerusakan karena berbagai faktor. Jawa Barat memiliki total luas lahan perkebunan Teh Sekitar 92.000 Hektare. 52.000 hektar diantaranya di kelola oleh rakyat dan sekitar 24.000 hektar kebun teh mengalami kerusakan. Hal tersebut disampaikan secara langsung oleh Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat Arief Santosa. Ia juga menambahkan bahwa, kerusakan perkebunan yang dikelola rakyat karena kurang pemberian pupuk secara teratur sehingga ini menghambat proses pertumbuhan teh.

Kerusakan lahan perkebunan ini tentu akan menjadi kendala yang cukup berarti. Karena banyaknya kebun yang dikelola warga rusak tentu ini akan mengakibatkan produktifitas teh menjadi menurun. Dan ini akan menghambat juga pendapatan daerah dan pendapatan para petani teh. Jika kondisi normalnya per hektar kebun teh mampu menghasilkan 2 sampai 2,5 Ton namun karena banyaknya yang mengalami ekrusakan produksi teh bisa menurun hingga 800kg per hektarnya. Hal tersebut tentu harus segera diatasi karena jika tidak, ini akan menghambat produksi teh di Provinsi Jawa Barat. Oleh sebab itu Pemprov Jabar memberikan bantuan pupuk untuk warga yang mengelola perkebunan teh tersebut. diharapkan bantuan pupuk ini bisa mengurangi lahan yang rusak.

Dinas Perkebunan Jabar Juga mengatakan bahwa kebun teh dikelola warga yang rusak disebabkan juga oleh faktor hama. Banyak hama yang menyerang lahan kebun teh warga seperti yang terjadi di Kabupaten Purwakrta dan Kabupaten Garut. Hama yang menyerang lahan tersebut seperti Ulat. Sehingga Pemprov jabar juga turut memberikan bantuan Pestisida Organik atau cairan yang ramah lingkungan kepada pemilik lahan perkebunan teh.

Selain itu, untuk memperkenalkan potensi Teh yang ada di Jawa Barat kepada masyarakat, Pemprov Jabar juga mengadalan festival Teh Jawa Barat yang setiap tahun dilaksanakan. Hal ini bisa menjadi ajang silaturahmi dantara komunitas dan produsen dan bisa juga menjadi penyemangat dalam meningkatkan produksi teh sehingga bisa bersaing dipasar.

About Usman Simanjuntak

Usman Simanjuntak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*