Home / BAHAN BAKAR / MINYAK / Tahun 2017, Harga Solar diprediksi akan mengalami kenaikan

Tahun 2017, Harga Solar diprediksi akan mengalami kenaikan

Saat ini pasar komoditi dunia masih berjalan tidak stabil. Terutama dalam perdagangan minyak dunia. harga minyak sempat mengalami kenaikan yang sangat signifikan pada bulan November. Kenaikan tersebut dipicu oleh beberapa faktor. Hal ini ebrimbas juga terhadap harga minyak dalam negeri. Pada tahun 2017, Harga solar dalam negeri diprediksi akan mengalami kenaikan hal tersebut sejalan dengan akan adanya potensi kenaikan harga minyak mentah. Harga minyak mentah yang kini sedang dalam tren penguatan akan berimbas terhadap harga solar dalam negeri. Menurut  Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Ahmad Bambang, ia memperkirakan memasuki tahun 2017 harga solar besar kemungkinan akan mengalami kenaikan.

Ia menambahkan, sudah sejak bulan September lalu harga solar mengalami kenaikan namun Perseroan masih memeprtahankan harga jual solar. Langkah untuk mempertahankan harga solar ditengah kenaikan karena kerugian akibat pendistribusian solar bisa di tutupi dari penjualan solar pada periode sebelumnya. sehingga memungkinkan Perseroan akan menaikan harga solar untuk tahun depan, sebab kondisi sebelumnya sudah mengalami kerugian sehingga Perseroan akan menaikan ahrga solar cukup besar. “ujarnya”.

Selain itu harga harga solar untuk tahun depan akan naik cukup tajam hal tersebut karena sejak bulan Oktober harga jual solar tetap di Rp 500 per liter. Perlu diketahui, nilai subsidi penyaluran solar mengikuti anggaran pendapatan Belanja negara (APBN) 2017 yaitu sebesar Rp 500 perliternya. Namun dilain  sisi, harga jual solar sampai saat ini sudah melampaui batas penyaluran subsidi yang sudah ditentukan.

Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral No.4/2015. Pemerintah akan melakukan evaluasi harga bahan bakar minyak (BBM) setiap tiga bulan. Bbm yang akan dievaluasi adalah jenis premium dan solar. Sehingga hingga akhir tahun ini, pemerintah tidak akan menaikan harga BBM. Namun akan mulai dievaluasi untuk tahun 2017. Dan kemungkinan besar BBM jenis Solar yang akan mengalami kenaikan. Sampai saat ini harga jual BBM masih sama yaitu, Harga solar Rp Rp5.150 per liter, Premium Rp6.450 per liter dan minyak tanah Rp2.500 per liter.

About Usman Simanjuntak

Usman Simanjuntak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*