Home / Industri / Tahun depan, Harga CPO diprediksi Akan naik

Tahun depan, Harga CPO diprediksi Akan naik

Gabungan Para pengusaha Sawit Indonesia memprediksikan untuk tahun 2017 harga rata rata CPO akan mengalami kenaikan dan berada pada harga 680-690 dollar AS pada bursa CPO Rotterdam. Sebab ada beberapa faktor yang akan mempengaruhi terhadap kenaikan harga CPO pada tahun depan, saat ini harga di tahun 2016 masih cukup stabil namun akan mengalami lonjakan pada semester I di tahun 2017.

Pada tahun 2015 harga CPO sempat menyentuh harga terendah dari sebelumnya 831 dollar AS per metrik ton menjadi 629 dollar AS per ton, sementara itu untuk tahun 2016, akibat terkendala pasokan akibat fenomena alam El Nino harga rata rata CPO sekitar 670 dollar AS per ton.

Walaupun di prediksi naik pada 2017, namun harga CPO di pasar masih akan mendapatkan tekanan. Tekanan tersebut karena adanya kenaikan jumlah produksi CPO yang bisa mencapai 33-35 ton sepanjang tahun 2017. Tekanan terhadap harga CPO pada semester II 2017 tersebut, masih akan ditopang adanya program mandatori biodiesel B20.

Langkah pemerintah untuk mendatori Biodesel B20 adalah salah satu cara yang sangat tepat,  sebab pungutan biaya dilakukan oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS) dinilai tidak membebani pemerintah. Dan ini merupakan cara kecil untuk memberikan keuntungan bagi para pelaku usaha

About Usman Simanjuntak

Usman Simanjuntak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*