Home / PERDAGANGAN / EKSPOR & IMPOR / Udang Masih Menjadi Andalan Ekspor Perikanan Indonesia

Udang Masih Menjadi Andalan Ekspor Perikanan Indonesia

Di tengah ekspor perikanan yang terlihat lesu, Udang masih menjadi unggulan sebagai komoditas ekspor indonesia di sektor perikanan. Dari tahun ke tahun ekspor udang Indonesia terus mengalami kenaikan. Udang masih menjadi Andalan utama ekspor perikanan indonesia. hal tersebut di dorong oleh permintaan pasar luar negeri terhadap udang semakin meningkat.

Mengacu pada data dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pada bulan Januari hingga Agustus 2016, Ekspor udang mengalami kenaikan hingga 6.84% menjadi 136.323 Ton dari 127.590 ton dari tahun sebelumnya. dari segi nilai mengalami kenaikan hingga US$ 1,13 miliar dari US$ 1,09 juta.

Permintaan yang tinggi menjadi penyebab melonjaknya ekspor udang indonesia, rata rata udang di ekspor ke beberapa negara seperi, China, Jepang, Amerika , Dll. Pemerintah sendiri mentargetkanproduksi udang bisa mencapai 713.000 ton, untuk mencapai realisasi dari rencana ini, Pemerintah melakukan rehablitasi tambak udang. Hal ini agar petani udang bisa meningkatkan produksi tambak udang.

Namun proyek rehabilitasi tambak udang masih dalam wacana, jika sudah sepakat setidaknya ada 5.000 hektar lahan tambak yang perlu di rehabilitasi. Dengan produksi yang dihasilkan bisa mencapai 120 juta Kg. setiap hektar dipanen setahun 2 kali, dan dalam setiap kali panen bisa menghasilkan 15 ton. diharapkan produksi udang bisa semakin bertambah sehingga ekspor udang indonesia bisa menguasai pasar udang internasional

 

About Usman Simanjuntak

Usman Simanjuntak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*