Home / PERDAGANGAN / EKSPOR & IMPOR / Tahun Ini Bulog Akan Impor 100 Ribu Ton Daging Kerbau

Tahun Ini Bulog Akan Impor 100 Ribu Ton Daging Kerbau

Agar bisa mencukupi kebutuhan daging didalam negeri, Perum Bulog sudah berencana akan membuka keran impor daging kerbau sebanyak 100.000 ton. Keputusan mengimpor daging kerbau tersebut sudah diputuskan pada saat rapat koordinasi terbatas (rakortas), namun SPI (Surat Perizinan Impor) masih belum diterbitkan oleh Kementerian Perdagangan.

Impor daging kerbau yang ini jauh lebih tinggi jika dibandingkan dari tahun sebelumnya, atau naik sekitar 30%. Tahun lalu impor daging kerbau hanya 70.000 ton. Bulog saat ini masih menunggu surat izin dari Kemendag, ditargetkan akhir bulan ini surat izin akan keluar. Yang mengeluarkan SPI itu Menteri Perdagangan (Mendag) dan Kementerian BUMN.

Impor kerbau pada tahun ini diharapkan bisa memenuhi kebutuhan daging dalam negeri terutama untuk mencukupi kebutuhan saat lebaran yang akan jatuh pada Mei 2019. Dan impor juga tidak bisa dilakukan oleh secara mendadak. Lalu kemudian Bulog akan menentukan kuota sesuai kebutuhan sehingga pembiayaan tidak mahal.

Kuota daging kerbau impor sekali datang sekitar 8.000 ton. Namun Bulog saat ini masih memastikan permintaan pesanan. Jika banyak pesanan tentu jumlah kuoata impor pun akan ditambah.


About Usman Simanjuntak

Usman Simanjuntak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*