Home / KOMODITAS PERDAGANGAN / Cerita Susi : Nelayan Sekarang Bisa Cari Ikan Besar Hanya di Tepi Pantai

Cerita Susi : Nelayan Sekarang Bisa Cari Ikan Besar Hanya di Tepi Pantai

Untuk nelayan di Indonesia Timur, akan dimudahkan dalam menangkap ikan tidak lagi bersusah payah untuk ke tengah laut. Sekarang ini, ikan dengan ukuran besar dapat gampang diperoleh dengan menjaring di tepi pantai.

Demikian ungkapan Menteri Kelautan serta Perikanan, Susi Pudjiastuti, yang menyebutkan populasi ikan jadi tambah cukup banyak dalam tiga tahun paling akhir sesudah usaha masif memberantas sejumlah kapal-kapal pencuri ikan.

” Di Ambon dari kepala dinasnya langsung cerita kepada saya, bila tangkap ikan di tepi (pantai) itu rata-rata telah dapat bisa 4 kg, itu ukuran yang sudah besar. kekkhawatirnya ini tidak bakal lama, namun bila ini dapat dijaga, keadaan ini dapat kembali pada era 20-30 tahun yang lalu dimana di tepi saja telah dapat bisa ukuran 30 kg, ” tegas Susi, di Kompleks Widya Candra, Jakarta, Kamis (6/4/2017).

Menurutnya, melimpahnya ikan di sebagian titik perairan di Timur Indonesia tersebut memberikan indikasi kesibukan illegal fishing mulai berkurang. Sepanjang beberapa waktu, dianya mengakui berkunjung ke banyak tempat serta lihat hasil tangkapan nelayan telah di anggap cukup baik.

” Utama untuk kita penilaian apa yang sudah kita kerjakan, ada bagusnya juga Indonesia telah dari pertama menerapkan policy yang begitu menolong pada hari ini, kembalikan atau recovery jumlah ikan yang ada di Indonesia, ” sambung Susi.

” Dua minggu yang lalu saya hidup di laut, berlanjut mendarat di pulau-pulau kecil yang di Ambon serta pulau lain. berlanjut dengan ke jalan ke Morela, Kolaka, Kadatua, serta sebagian kabupaten di Teluk Bone, juga ke Wakatobi, bukanlah tempat selamnya atau ke kotanya, namun ke beberapa tempat nelayan, ” imbuhnya.

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor komoditi.co.id, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*