Home / PERDAGANGAN / EKSPOR & IMPOR / CPI Jepang Dilaporkan Merosot Padahal Yen Melemah

CPI Jepang Dilaporkan Merosot Padahal Yen Melemah

Laporan terbaru dimana dari CPI Jepang yang mencatatkan penurunan tahunan dalam delapan bulan secara berturut-turut untuk bulan Oktober. Usaha dari BOJ untuk menuntaskan deflasi dan pertumbuhan stagnan seolah menjadi sulit berakhir walaupun sudah menggencarkan pelonggaran moneter.

Seperti pada akhir pekan kemarin, Jepang barusan melaporkan kalau indeks CPI yang mengikutsertakan minyak tapi tidak memasukkan harga makanan segar turun 0,4% untuk bulan Oktober dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Seperti ada bulan September, CPI Jepang juga mengalami penurunan 0,5%. Meskipun keadaannya seperti tersebut, masih bertepatan dengan perkiraan yang ada di pasar dari beberapa ekonom.

Adapun penyebab utamanya adalah karenya penurunan terdapat pada harga hasil gasoline dan biaya dasar listrik. Karena kedua factor tersebut sudah mengambil porsi sampai dengan 60% akan penurunan pada indeks CPI ini.

Dari penyebutan ekonom, katakan kalau di awal tahun depan inflasi Jepang bisa mencapai di titik nadir. Hal ini disebabkan karena kenaikan tajam terjadi berada di barang-barang impor yang sudah terjadi berada di bebereapa bulan yang lalu.

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor komoditi.co.id, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*