Home / PERDAGANGAN / ANALISA & INVESTASI / Data Ekonomi Amerika Serikat Serta Dolar Meningkat, Emas Comex Stagnan

Data Ekonomi Amerika Serikat Serta Dolar Meningkat, Emas Comex Stagnan

Emas berjangka pada divisi Comex New York Mercantile Exchange berkesudahan dengan penurunan di hari Jumat dinihari WIB lantaran peningkatan dolar, ekuitas serta data ekonomi AS (Amerika Serikat) yang seluruhnya memberi tekanan pada logam mulai.

Kontrak emas yang teraktif untuk pengiriman bulan Maret mengalami penurunan 0,22% atau US$ 2,7 jadi tetap di level US$ 1.236,80 / ounce. Emas tetap bertahan di tingkat rendah sebab Dow Jones Industrial Average Amerika Serikat mengalami kenaikan 0,69% atau 138,42 poin di jam 17.45 GMT.

Analis mencatatkan jika saat ekuitas membukukan keuntungan, logam mulia cenderung untuk mengalami kenaikan, sebab para investor mencari tempat yang cukup aman. Sebaliknya, seandainya ekuitas Amerika Serikat memperlihatkan kerugian maka logam mulia akan lebih cenderung untuk meningkat.

Emas juga ada di bawah tekanan lantaran laporan klaim pengangguran per minggu yang telah dirilis oleh Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat di hari Kamis memperlihatkan klaim baru mengalami penurunan sebesar 12.000 menuju ke angka 234.000, angka yang dicatat analis lebih baik jika dibandingkan dengan prediksidan tidak hanya berada di bawah perkiraan paling optimis daripada kisaran konsensus.

Tidak hanya itu, Presiden Federal Reserve Bank S. Louis, James Bullard yang mengungkap di Washington Universit, di awal perdagangan, memperlihatkan jika dia yakin suku bunga akan tetap berada di level rendah pada tahun 2017 ini. Para investor yakin jika Fed akan meningkatkan suku bunganya dari 0,75 ke 1,00 secepatnya selama digelar pertemuan FOMC pada bulan Mei.

About Wida Yodik

Wida Yodik
Kontributor komoditi.co.id, seorang ahli finansial, trading, ekonomi makro, mikro agribisnis dan hal lain terkait keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*