Home / Uncategorized / Emas naik karena data ekonomi AS suram

Emas naik karena data ekonomi AS suram

harga_emas_perhiasanEmas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange naik pada Jumat (Sabtu pagi WIB), karena angka-angka ekonomi AS suram, mengakhiri pekan ini dengan keuntungan sebesar 4,5 persen.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Desember naik 10,1 dolar AS, atau 0,74 persen, menjadi menetap di 1.371 dolar AS per ounce.

Departemen Perdagangan AS pada Jumat memperkirakan bahwa pembangunan rumah baru AS naik 5,9 persen pada Juli ke tingkat tahunan yang disesuaikan secara berkala 896.000 unit, lebih rendah dari ekspektasi pasar 915.000 unit.

Angka awal sentimen konsumen dari University of Michigan-Thomson Reuters jatuh menjadi 80,0 pada Agustus, dari 85,1 pada Juli.

Namun demikian, Departemen Tenaga Kerja AS memperkirakan bahwa produktivitas sektor bisnis non-pertanian AS melaju cepat hingga 0,9 persen secara tahunan pada kuartal kedua setelah dua kuartal menurun, membatasi pertumbuhan harga emas.

Secara historis, emas selalu bergerak naik pada Agustus, kata para analis pasar.

Laporan menunjukkan bahwa “hedge fund” John Paulson dan George Soros memangkas kepemilikannya di SPDR Gold Trust pada akhir kuartal kedua. Kepemilikan emas di SPDR Gold Trust tercatat sebesar 912,92 ton pada Kamis (15/8), turun sekitar 26 ton dari 11 Juli.

Perak untuk pengiriman September naik 38,7 sen, atau 1,69 persen, menjadi ditutup pada 23,322 dolar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman Oktober turun 4,7 dolar AS, atau 0,31 persen, menjadi ditutup pada 1.527,6 dolar AS per ounce, demikian  Xinhua.

About Usman Simanjuntak

Usman Simanjuntak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*